Alasan Bayi Prematur Dirawat Dalam Inkubator Bayi

Seorang ibu pasti menginginkan proses kelahiran bayinya berjalan dengan lancar dan tidak jauh dari perkiraan lahir. Namun, ada kondisi tertentu yang mengakibatkan bayi terlahir prematur, dan perlu dimasukan ke dalam inkubator bayi kurang lebih selama 1 bulan.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum hari perkiraan lahir atau kurang dari 37 minggu. Di usia tersebut, beberapa organ tubuh bayi belum berkembang dengan sempurna. Agar dapat bertahan hidup diluar rahim dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru disekitarnya, mereka akan ditempatkan di dalam inkubator.

Berbagai Manfaat Inkubator Untuk bayi Prematur

Inkobator adalah alat yang terbuat dari plastik trasoaran dan berbentuk kotak. Alat ini digunakan agar bayi terhindar dari infeksi bakteri dan suara bising, serta menjaga tubuh bayi tetap hangat. Dibawah ini adalah beberapa alasan mengapa bayi prematur sangat membutuhkan inkubator :

# Menjaga Suhu Tubuh Bayi

Bayi prematur tidak mempunyai jaringan lemak yang cukup untuk mengatur suhu tubuhnya dengan baik. Itulah mengapa bayi prematur sangat membutuhkan inkubator dan segera dimasukan ke dalam inkubator, agar bayi terhindar dari udara dingin setelah lahir.

Selain itu inkubator juga berguna untuk melindungi bayi dari infeksi dan zat-zat pemicu alergi. Meskipun ditempatkan di dalam inkubator, bukan berarti anda tidak bisa menyentuh bayi anda. Perawat akan memberitau anda bagaimana cara bersentuhan dan cara merawat buah hati anda yang berada di dalam inkubator.

# Memberikan Oksigen

Sebagian besar bayi yang terlahir prematur bisa mengalami masalah dengan pernafasan jadi rentan untuk mengalami kekurangan oksigen. Dlam kondisi ini dapat digunakan alat bantu nafas di dalam inkubator, agar asupan oksigen pada bayi bisa tercukupi.

# Memantau Kondisi Bayi

Kondisi kesehatan bayi premature sangat membutuhkan perhatian khusus. Dengan memasukan bayi ke dalam inkubator diruang perawatan intensive neonatal ( NICU), perawat dan dokter dapat memantau dan mengukur suhu tubuh, kadar oksigen, detak jantung, pernafasan dan juga tekanan darah bayi.

# Mengobati Penyakit Kuning

Biasanya bayi yang terlahir prematur cenderung lebih mudah terserang penyakit kuning. Untuk mengobatinya bayi harus dirawat di dalam inkubator dan mendapatkan fototerapi ( terapi sinar). Fototerapi ini berguna untuk mengurangi jumlah bilirubin ( pigmen kuning) di dalam tubuh.

Setelah bayi dinyatakan cukup kuat untuk keluar dari inkubator, lalu bayi akan dirawat di ruang perawatan bayi biasa dan diobservasi selama beberapa hari. Jika sudah menunjukan perbaikan, maka bayi akan diperbolehkan untuk pulang.

Perawat juga akan memperlihatkan bagaimana cara memberikan ASI, memandikanya, memposisikanya tidur serta cara menggantikan popoknya.

Dengan inkubator bayi, bayi yang terlahir prematur bisa tumbuh menjadi bayi yang sehat. Selama ditempatkan di kotak khusus tersebut, janganlah ragu untuk menanyakan perkembangan kondisi bayi anda kepada dokter yang merawatnya.

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai harga inkubator bayi untuk bayi prematur, anda bisa kunjungi webiste kami di www.pusatinkubatorbayi.com. Anda bisa temukan beragam produk inkubator bayi murah dengan kualitas terbaik. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *