Cara Mengolah Daging Ayam Yang Baik Untuk Keluarga

Daging ayam adalah produk hewani yang enteng ditemukan dimana saja. Di pasar tradisional, pasar modern, pasar swalayan, warung sayur dekat tempat tinggal atau pun di tempat tinggal tetangga heuheu. Selain gara-gara harganya lebih murah dari daging sapi, bebek, itik, kalkun, atau ikan asin bersodara, daging ayam punya rasa yang mampu di terima oleh lidah siapa saja, itu lah sebabnya daging ayam begitu kondang di percaturan kuliner dunia.

Harga daging ayam di pasar paling fluktuatif, kadang-kadang melegakan, lain hari mengejutkan jiwa.

Kami juga Jual Telur Ayam

Seorang teman pernah mengeluhkan tentang olahan daging ayam yang itu itu saja sebagai hidangan untuk keluarganya. Ya, seputar goreng, bakar dan pepes. Padahal daging ayam mampu diolah menjadi berbagai type olahan yang menggugah selera. Beberapa lokasi di Indonesia ataupun dunia punya olahan khas berbahan dasar daging ayam bersama rasa yang benar-benar lezat. Berikut ini beberapanya.

Ayam matang habang atau hayam matang habang adalah olahan daging ayam yang berasal dari Riau dan Kalimantan. Perbedaan olahan dari dua daerah ini adalah terletak dari rasanya. Ayam matang habang dari Riau bercita rasa manis, asin, gurih, dan pedas tetapi yang dari Kalimantan rasa asam pedas lebih menonjol.

Bahan:

– setengah kg ayam, potong-potong, cuci bersih dan tiriskan. Dapat terhitung di goreng lebih-lebih dahulu.

– 300 ml air

– bawang goreng

– 2 sendok makan kecap manis, saya gunakan 1 sdm

– 1 sendok makan gula jawa, disisir

– setengah sendok makan gula pasir

– setengah sendok makan garam

– setengah sendok teh kaldu bubuk

– 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :

– 8 buah cabai merah keriting

– 5 buah cabai rawit merah

– 6 butir bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 2 ruas jahe

Cara membuatnya :

Siapkan wajan, panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan ayam, aduk-aduk hingga bumbu tercampur dan ayam beralih warna.

Tambahkan air, kecap manis, gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk dan matang hingga air jadi kering dan mengental. Cicipi rasanya dan angkat.

Kini, mari kami meluncur ke Bali. Sate lilit adalah salah satu olahan khas pulau dewata yang benar-benar populer. Menyantap sate lilit itu paling enak di dampingi bersama sambal matah yang pedas nan segar.

Sate Lilit
Sate lilit kebanyakan gunakan ikan-ikanan sebagai bahan dasarnya, namun kenakan daging ayam pun rasa nya tak kalah lezat. Mau mencoba, selanjutnya resepnya :

Bahan:

250 gr fillet ayam giling

250 gr udang kupas giling

16 batang sereh

50 gr kelapa parut yang agak muda

1 btg sereh geprek

2 lbr daun salam

3 lbr daun jeruk purut, sobek.

3 sdm minyak sayur untuk menumis.

Bumbu halus :

2 bh cabe merah atau keriting terhitung boleh

7 siung bawang merah

3 siung bawang putih

1 butir kemiri

1 cm kunyit

1 cm kencur

1/3 sdt terasi

3 lbr daun jeruk purut

1 sdt garam

1 sdt gula merah

Cara membuatnya :

Tumis bumbu halus, salam, sereh, daun jeruk purut hingga mewangi, angkat dan dinginkan. Dalam wadah campur ayam, udang, kelapa parut, bumbu halus yang udah ditumis tadi, aduk rata.

Olesi daerah penampungan sate kala bersama minyak goreng. Ambil satu batang sereh, beri adonan sate, bentuk lonjong, melaksanakan hingga adonan habis. Bakar di atas api sedang hingga kuning keemasan. Dan kamu juga tak perlu repot mencari segera hubungi saja kami Jual Ayam Broiler

Ayam goreng adalah olahan daging ayam yang kerap kami jumpai di mana saja. Ada banyak varian resep ayam goreng. Salah satunya adalah ayam goreng ungkep gurih yang resepnya mampu di lihat dibawah ini.

Bahan :

  • 1 ekor ayam potong sesuka hati pada 8 hingga 12 potong.
  • 200 ml santan dari setengah butir kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai memarkan bersama jab kanan atau kiri terserah lah.
  • 3 lembar daun jeruk purut hasil memanen di halaman rumah.
  • 2 buah jeruk nipis, peras airnya.
  • 100 gr lengkuas diparut atau di blender terhitung gapapa yang penting remuk redam.

Bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 sdt garam

Cara membuatnya :

Lumuri ayam bersama air jeruk nipis diamkan 10 menit, bilas lalu tiriskan.

Rebus ayam beserta bumbu halus, serai, salam, daun jeruk purut, lengkuas dan santan, hingga santan habis. Goreng ayam beserta bumbunya hingga matang dan kering.

Bumbu ayam ungkep mampu pula dijadikan kremesan. Cara sebabkan kremesan mudah-mudah susah. Namun asal mengetahui trick nya, kami mampu menghasilkan kremesan ayam yang renyah, garing dan tentu saja gurih. Bahannya adalah sisa bumbu ungkepan ayam, kuning telur, tepung tapioka dan air. Adonan yang dihasilkan kudu encer. Di goreng dalam minyak panas yang banyak bersama langkah menaburkan adonan gunakan jemari dari jarak lebih kurang 30-cm an dari wajan atau penggorengan. Diamkan sebentar, lalu lipat, sehabis kering, angkat.

Bila bumbunya dibuat kremesan maka ayamnya mampu pula dijadikan ayam cobek, yakni ayam yang diberi sambal terasi di atas cobek lalu di geprek sebentar. Ayam cobek versi saya tidak gunakan sambal terasi melainkan gunakan sambal yang terbuat dari cabai rawit hijau yang dihaluskan bersama bawang putih, bawang merah dan garam. Lalu di siram oleh minyak panas. Sajikan di atas cobeknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *