Daftar Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak Agar Cerdas dan Pintar

  1. Buah Berikan potongan buah yang matang karena umumnya memiliki tekstur lunak, seperti: mangga masak, pisang, pir berdaging lunak, pisang, pepaya, ataupun wortel kukus. Agar tidak membuat tersedak, buah apel dikupas dulu kulitnya, baru dipotong pipih dan tipis.
  2. . Sayuran Sayuran apa pun dapat diberikan asalkan dimasak hingga lunak. Potongan wortel yang dibentuk memanjang, potongan kuntum brokoli, ubi berwarna ungu dapat menarik perhatian bayi. Ini juga dapat menjadi stimulasi bentuk dan warna.
  3. . Ikan Ikan kaya protein, kalsium, dan zat besi. Menurut penelitian, ikan baik untuk perkembangan otak. Hanya saja, ikan untuk bayi harus yang mudah dicerna serta memiliki tingkatan rendah sebagai pencetus alergi. Hindari ikan yang berasal dari lautan tercemar. Sayat dan potong daging ikan sebesar jari tangan, kemudian panggang atau kukus. Waspadai duri ikan, cermati benar agar tidak membahayakan bayi Mama.
  4. Bakso daging Bakso bisa dibuat sendiri dari daging sapi yang kualitasnya baik. Pastikan teksturnya tidak liat, sehingga masih bisa dikunyah bayi. Bakso bisa disajikan dengan atau tanpa kuah. Pastikan ukurannya sesuai dengan mulut bayi.
  5. Tahu Meski kaya akan zat besi, protein, dan kalsium, serta serat, sebaiknya tahu diberikan saat bayi sudah berusia 8 bulan karena serat dari kedelai sulit dicerna. Selain itu ada kandungan pada tahu yang dapat menyebabkan bayi alergi. Setelah bayi dikenalkan pada tahu, tunggu 3—4 hari sebelum Mama memperkenalkan bahan makanan baru lainnya.
  6. Pasta Pilihlah pasta dari varietas gandum yang menyehatkan serta jarang menimbulkan alergi. Pengenalan pada pasta akan menambah perbendaharaan rasa. Namun pastikan untuk memasaknya hingga lembek agar mudah dicerna oleh bayi. Bentuk pasta, seperti kerang dan dasi kupu-kupu, bisa menjadi daya tarik khusus bagi bayi.
  7. Roti Potongan roti, biskuit atau bagel seukuran jari tangan orang dewasa dapat digenggam dengan baik oleh bayi. Roti juga tergolong cukup lunak. Ketika diisap, roti jadi lebih mudah dilumat.
  8. Keju Keju kaya akan mineral kalsium yang diperlukan bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Pilih jenis keju cheddar yang dipotong memanjang. Perkenalkan ketika bayi masuk usia 9 bulan. Hindari memberikan keju feta, karena dikhawatirkan mengandung bakteri yang dapat menyebabkan bayi keracunan makanan.

Nah itu lah 8 jenis makanan yang bisa bikin anak lebih sehat pintar dan cerdas. Oh ya apabila anda berencana untuk mensekolahkan anak anda di luar negri, pastikan juga anak anda sudah mampu. Jangan lupa ikutkan kursus SAT Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *