Mari Berjalan Kaki dan Rasakan Manfaatnya

Coba bayangkan, hanya dengan mengangkat bokong dari sofa di depan tv atau kursi kerja Anda dan melangkahkan kaki keliling rumah/kantor kesehatan dan kebugaran Anda telah meningkat drastis.

Berikut adalah beberapa manfaat berjalan yang bisa kita peroleh

Ketika Anda berjalan, tekanan darah Anda menurun dan fungsi kardiovaskuler (sistem metabolisme darah, jantung, dan pembuluh darah) dalam tubuh Anda meningkat. trulum Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa walaupun Anda telah melakukan olahraga ringan setiap minggu, ternyata itu tidak cukup untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kebugaran Anda. 30 menit berjalan dalam 3 hari selama seminggu ternyata lebih efektif terhadap kesehatan dan tekanan darah Anda.

  • Menjaga Kesehatan Jantung dan Otot

Berjalan dapat meningkatkan denyut jantung Anda, menguatkan otot, serta membakar lemak. Berjalan dapat melatih kekuatan otot dan ketahan tubuh Anda, serta menjaga kekuatan tulang dan sendi.

  •  Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Dengan berjalan, tanpa sadar kita dapat menuai dampak positif pada keseimbangan berat badan. Berjalan setiap hari akan membakar kalori di dalam tubuh. Semakin jauh Anda berjalan, semakin banyak kalori yang dibakar di dalam tubuh.

  •  Memperlambat Proses Penuaan

Berjalan bisa mengurangi tingkat stres dan secara tidak langsung memperlambat proses penuaan. Dengan begitu, manajemen stres dan relaksasi akan semakin mudah Anda lakukan. Berjalan di bawah sinar matahari pagi akan membantu kulit Anda dalam memproduksi Vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan Anda. Sebuah penelitian di Amerika dan Canada menyatakan, Vitamin D dapat mengurangi resiko kanker dan resiko terkena Osteoporosis . Berjalan secara teratur membantu membentuk bentuk kaki yang kuat, membantu membuat pinggang tampak lebih langsing  dan membantu Anda tidur lebih baik pada malam hari.

  • Berjalan Sangat Baik Untuk Fungsi Otak

Dalam sebuah studi diteliti seorang wanita yang berjalan dengan teratur selama 90 menit per minggu memiliki fungsi kognitif yang lebih baik dibanding wanita yang hanya teratur berjalan  40 menit per minggu.

  • Berjalan Mengurangi Risiko Kanker Payudara dan Usus

Wanita yang rutin berjalan dalam rentang waktu 75-150 menit per minggu akan mengurangi resiko terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang jarang berjalan secara teratur. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa dengan berjalan secara teratur juga dapat mencegah kanker usus. Pada kasus tertentu, penderita kanker usus yang berjalan secara teratur kualitas hidupnya akan semakin meningkat.

  • Berjalan Membantu Mencegah 2 Tipe Diabetes

Program pencegahan Diabetes menunjukkan, dengan berjalan 150 menit per minggu dan mengurangi 7% dari berat badan Anda, akan dapat mengurangi resiko terkena Diabetes sebanyak 58%. Penemuan terbaru juga menunjukkan bahwa kita tidak perlu melakukan lari maraton atau mulai melakukan program diet yang membuat Anda kelaparan untuk mencegah Diabetes, cukup mulai berjalan dan mengurangi 7% berat badan Anda. Cukup mudah bukan?

  • Berjalan Membantu Mengurangi Gejala Depresi

Berjalan selama 30 menit dalam 3-4 hari seminggu dapat mengurangi gejala stress sebanyak 47%.

  • Berjalan Meningkatkan Kebugaran

Berjalan selama 30 menit selama seminggu dapat meningkatkan kebugaran Kardiorespiratori Anda. Berjalan tegap, memandang lurus ke depan, dan ayunkan lengan Anda. Sirkulasi udara dalam tubuh Anda akan meningkat dan pernafasan Anda juga meningkat.

Bagaimana?  Banyak bukan manfaat yang bisa diperoleh dari berjalan secara teratur?

Tapi sebelumnya, konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter atau pakar kesehatan sebelum Anda mulai program berjalan secara teratur. Agar hasil yang diperoleh lebih maksimal mulailah dengan pola makan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *