Mengenal 3 Contoh Alat Kesehatan Elektromedik

Terdapat banyak contoh dan macam alat kesehatan yang ada di rumah sakit dan klinik. Dari sekian banyak tersebut bisa dikelompokkan ke dalam kategori – kategori. Setidaknya ada tiga macam kategori alat kesehatan yang umum diketahui di Indonesia yaitu Elektromedik, Non Elekteromedik, dan alat Diagnostik in vitro. Nah, sekarang kita akan menyebutkan beberapa contoh salah satu diantar tiga kategori tersebut yaitu alat Elektromedik.

Kalau kita melihat dari definisinya, alat Elektromedik merupakan alat yang dalam proses operasinya menggunakan energi listrik. Contohnya pun sangat banyak, berikut ini kita akan membahas tiga macam contoh alat tersebut.

Contoh Alat Kesehatan Elektromedik

alat elektromedik

Pasien Monitor

Alat ini biasanya terdapat di ruang ICU rumah sakit. Fungsi alat ini adalah untuk memantau kondisi kesehatan pasien yang dalam kondisi kritis dan harus mendapat perawatan intensive.

Pasien monitor memiliki beberapa parameter medis yang bisa dipantau seperti tekanan darah, detak jantung, grafik EKG, SpO2 dan beberapa yang lainnya. Alat ini juga dilengkapi dengan alarm yang akan berbunyi ketika kondisi kesehatan pasien memburuk.

Defibrillator

Defibrillator disebut juga sebagai alat kejut jantung. Memang fungsi alat ini adalah untuk mengejutkan jantung. Alat ini digunakan untuk memberikan bantuan dini ketika terdapat seseorang yang mengalami searangan jantung sehingga detak jantungnya acak dan tidak mampu memompa darah. Kondisi ini sering disebut dengan atrial fibrillation. Di sinilah alat ini berperan untuk mengembalikan fungsi jantung agar berdetak kembali normal.

Sekarang ini alat defibrillator sudah banyak disediakan di berbagai tempat. Alat ini termasuk alat emergency yang tersedia di tempat – tempat umum sebagai tanggap serangan jantung. Untuk mendapatkan alat ini juga tidak sulit, anda bisa memesannya di supplier alat kesehatan yang jual defibrillator dengan berbagai macam mode dan tipe.

Hematology Analyzer

Untuk alat yang satu ini tergolong dalam dua jenis kategori alat, yaitu alat elektromedik dan juga alat diagnostic in vitro, mengapa demikian ? hal ini karena secara umum alat ini bekerja dengan menggunakan energi listrik, namun di sisi lain fungsi alat ini bersifat spesifik yaitu untuk menganalisa sample darah guna menentukan penyakit yang dialami oleh pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *