Solusi Septic Tank Penuh Air Murah Tapi Sangat Bermanfaat

Kebanyakan orang memandang solusi septic tank penuh air adalah dengan memanggil petugas sedot sepiteng. Memang benar ini cara yang terampuh. Namun bila ada yang lebih murah dan bisa dilakukan sendiri, kenapa juga harus menghubungi petugas tersebut?

Sepiteng dipenuhi air ini disebabkan airnya tidak bisa meresap dengan sempurna. Ini diperparah dengan kotoran yang menggumpal dan tidak terurai. Akibatnya, Anda akan melihat sepiteng cepat penuh dan airnya meluber keluar.

baca juga artikel tentang sedot wc jakarta

Melihat penyebabnya, cara paling pas adalah dengan membantu bakteri dalam menguraikan kotoran di dalam sepiteng. Kotoran yang terurai ini akan membuatnya menjadi encer, dan sepiteng tidak akan cepat penuh.

Dalam membantu bakteri pengurai, Anda bisa menerapkan beberapa cara. Mulai dari penggunaan obat sampai menggunakan cara alamiah. Dan kami lebih suka untuk berbagi cara yang alami agar Anda tidak terlalu memikirkan biaya besar.

Di sini, kami sarankan untuk menggunakan susu murni. Siapkan sekitar 2 liter. Kemudian, jangan lupa untuk menyediakan air mineral sebanyak 2 liter, lengkap dengan botolnya.

Caranya, campurkan keduanya ke dalam satu wadah. Minimal, wadah tersebut muat untuk 4 liter. Kemudian, tutup rapat dan kocok terlebih dahulu.

cek juga artikel tentang sedot wc surabaya

Langkah selanjutnya adalah menyimpan campuran air dan susu ini selama 1 minggunan. Pada proses ini, simpanlah di tempat dengan suhu normal. Minimal, jangan letakkan di bawah sinar matahari ataupun di dalam kulkas (pendingin).

Setelah 1 minggu, susu tentu saja menjadi basi. Tapi inilah yang akan dimanfaatkan. Masukkan susu basi melalui lubang closet di kamar mandi. Masukkan semuanya dan tunggulah beberapa menit agar susu ini bereaksi.

Dalam beberapa menit, Anda bisa melihat kalau septitank yang penuh akan mulai berkurang. Karena bakteri dalam susu ikut membantu dalam penguraian kotoran. Dan air yang tadinya menggenang di dalam septitank akan meresap, bercampur dengan tinja di dalamnya.

Yang perlu diingat, bila septitank penuh air ini disebabkan oleh volume tinjanya yang memang sudah banyak, mau tidak mau Anda perlu mengurasnya. Tapi jika tidak, Anda bisa menggunakan cara mengatasi septictank penuh air menggunakan susu tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *